Tanya Jawab Tentang Bluetooth

Posted by Siti Yulianti on 06.02 with No comments

Tanya Jawab

https://lh6.ggpht.com/8Ze9Q2GJVyF75iHqxpXvg02Kr1MiWsIMyJjENCb_cTyk-zJIbyhCht1xIorHjjQZ-Fk=w300

1.      Sebutkan banyaknya mekanisme keamanan bluetooth ?

(Bella Noviyantikarani)


Jawaban          :
  • Enkripsi data
  • Autentikasi pengguna
  • Lompatan frekuensi cepat (1600 hops/sec)
  • Kontrol pengeluaran energy


        2.  Berapa jarak mekanisme agar sambungan tidak terputus saat transfer data melalui bluetooth ?
( Aga Juliantiadi)
Jawaban          :
Umumnya peralatan-peralatan Bluetooth dapat Saling berkomunikasi dalam jarak yang sedang antara 1 hingga 100 m. Jarak maksimal ini dapat dihasilkan tergantung dari daya output yang digunakan dalam modul Bluetooth .

       3. Bagaimana langkah terbaik dalam menghindari sebuah serangan hacker dalam menggunakan bluetooth ?
( Agus Maulana)
Jawaban          :
  • Menggunakan kata sandi yang kuat adalah cara terbaik untuk menghindari serangan hacker. Jika Anda mempunyai beberapa akun penting di dunia maya yang membutuhkan kata sandi, buatlah serumit mungkin namun mudah Anda ingat seperti gabungan huruf dan angka tentang Anda.
  • Jangan terpancing jika anda diharuskan untuk untuk menginputkan kunci rahasia yang sesuai, PIN empat digit ke Perangkat.

4.   Apa perbedaan antara kanal sinkron dan kanal asinkron ?
( Agung Sepriyatno)
Jawaban          :
Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s.
Ataupun Jika dalam transmisi : Transmisi asinkron digunakan bila pengiriman data dilakukan satu karakter setiap kali. Antara satu karakter dengan yang lainnya tidak ada waktu antara yang tetap. Karakter dapat dilakukan sekaligus ataupun beberapa karakter kemudian berhenti untuk waktu tidak tentu, lalu mengirimkan sisanya. Akibatnya setiap kali penerima harus selalu melakukan sinkronisasi supaya bit data yang dikirimkan diterima dengan benar. Dengan demikian penerima harus mengetahui mulainya bit pertama dari sinyal data.
Transmisi Sinkron Digunakan untuk transmisi kecepatan tinggi. Yang ditransmisikan satu blok data. Dalam system ini baik pengirim maupun penerima bekerja bersama-sama dan sinkronisasi  dilakukan setiap sekian ribu bit data. Bit awal/akhir tidak dibuthukan untuk tiap karakter. Sinkronisasi dilaksanakan dan dijaga baik pada waktu tidak ada data yang dikirm maupun sesaat sebelum pengiriman terjadi. Sinkronisasi terjadi dengan jalan mengirimkan pola data tertentu antara pengirim dan penerima.

5.   Sebutkan dan jelaskan benda yang mengganggu koneksi ?
( Agus salam )
Jawaban          :
  • Oven microwave: Menggunakan oven microwave di dekat komputer, perangkat Bluetooth, atau pemancar Wi-Fi dapat menyebabkan gangguan.
  • Layanan Satelit Langsung (Direct Satellite Service/DSS): Kabel dan konektor coaxial yang digunakan bersama beberapa jenis piringan parabola dapat menimbulkan gangguan. Periksa apakah ada kerusakan pada kabel dan ganti dengan yang baru apabila Anda mencurigai adanya masalah kebocoran RF.
  • Sumber listrik eksternal tertentu seperti kabel listrik, rel kereta api listrik, dan pembangkit tenaga listrik (PLN).
  • Ponsel 2,4 GHz atau 5 GHz: Telepon nirkabel yang dioperasikan pada jarak ini dapat menyebabkan gangguan pada perangkat nirkabel atau jaringan saat digunakan.
  • Pengirim video (pemancar/penerima) yang beroperasi dengan bandwidth 2,4 GHz atau 5 GHz.
  • Speaker nirkabel yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz.
  • ayar monitor dan LCD eksternal tertentu: Layar tertentu dapat memancarkan gangguan selaras, khususnya pada frekuensi 2,4 GHz antara saluran 11 dan 14. Gangguan terburuk dapat terjadi jika Anda memiliki komputer laptop yang tertutup dengan monitor eksternal yang terhubung. Coba ubah titik akses untuk menggunakan saluran 5 Ghz atau yang lebih rendah 2,4 GHz.
  • Perangkat nirkabel lain yang berjalan pada bandwidth 2,4 GHz atau 5 GHz (microwave, kamera, radio monitor bayi, perangkat nirkabel milik tetangga, dan sebagainya).

6.   Selain untuk komunikasi data, sebutkan penggunaan bluetooth dikehidupan sehari-hari ?
( Ahmad Johan)
Jawaban          :
  • Handsfree, dengan adanya Bluetooth, kamu bisa meletakkan smartphone kamu di dock yang menempel di mobil atau motor kamu, dan kamu tinggal menggunakan Bluetooth headset untuk berbicara. Ini merupakan suatu manfaat praktis Bluetooth ketika berkendara.
  • Mendengarkan Musik, headset berkabel terlalu ribet untuk kamu? Sekarang tidak lagi. Kamu cukup menggunakan Headset Bluetooth untuk mendengarkan lagu-lagu favorit kamu.
  • Keyboard Bluetooth, kelemahan perangkat Tablet adalah ketidaknyamanan yang akan terasa oleh kamu saat mengetik. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perangkat Bluetooth keyboard. Tempatkan Tablet kamu pada jarak yang aman untuk mata, lalu kamu tinggal mengetikkan materi yang tengah kamu kerjakan.
  • Memasang perangkat , ngin mengakses data kamu yang ada di perangkat lain? Misalnya laptop atau gadget milik kamu lainnya? Kamu bisa memanfaatkan teknologi Bluetooth. Dengan melakukan pairing, kamu bisa mengakses data yang ada di perangkat lain. Dengan bebas bahkan kamu bisa menggunakannya, misalnya memutar lagu yang ada di perangkat lain milik kamu.

7.   Apakah yang dimaksud teknologi BLE yang digunakan pada bluetooth 4.0 ?
( Jeli Nios)
Jawaban          :
Maksud dari teknologi BLE, sedangkan BLE itu sendiri singkatan dari Bluetooth Low Energy ini adalah hasil yang didapat dan akhirnya melahirkan Bluetooth v4.0. Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakaian yang lebih lama, biaya produksi yang rendah, jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi ke unggulan Bluetooth v4.0 ini. BLE tidak digunakan pada semua perangkat oleh karna itu Bluetooth V4.0 menggunakan teknologi Dual Mode, yaitu mengaktifkan dua tipe wireless. Koneksi wireless Bluetooth Classic yang masih banyak digunakan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standar baru penggunaan koneksi wireless.

8.   Apa latar belakang dibuatnya bluetooth ?
( Yayat Supriyatna)
Jawaban          :
Pada bulan Mei 1998, 5 perusahaan promotor yaitu Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) dan memulai untuk membuat spesifikasi yang mereka namai ‘bluetooth’. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang antara lain di bidang semiconductor manufacture, PC manufacture, mobile network carrier, perusahaan-perusahaan automobile dan air lines bergambung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Perusahaan-perusahaan terkemuka tersebut antara lain seperti Compaq, Xircom, Phillips, Texas instruments, Sony, BMW, Puma, NEC, Casio, Boeing, dsb.  Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini ‘dimiliki’ oleh grup promotor tetapi ia diharapkan akan menjadi sebuah standar IEEE (802.15). 

9.   Adakah batasan transfer data pada bluetooth ?
( Ine Srihayati)
Jawaban          :
Ada karena, bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas yakni sekitar 10 meter.

10. Jelaskan tentang frekuensi hopping pada bluetooth ? (ade & usman)
( Ade Suryadi & Usman Labib)
Jawaban          :
Frekuensi Hopping merupakan teknik modulasi yang dimanfaatkan pada system radio Bluetooth . frequensi hopping ini digunakan untuk menyelesaikan proses penyebaran spectrum atau Spektrum Spreading yang terdiri atas 79 selang atau hop dengan selang diantaranya adalah 1mHz. Dibeberapa Negara, misalnya diperancis, jumlah hop yang digunakan dalam sisitemnya adalah 23. Sedangkan di Amerika Utara pita gelombang dari standar industrial , Scientific and Medical (ISM) dibagi dalam 75 kanal hop dengan daya transmisi tidak sampai 1 watt disetiap kanal.


11.      Apa yang dimaksud dengan circuit switching dan packet switching ?
( Riska Rismayanti)


Jawaban          :
  • Circuit switching merupakan metodologi penerapan jaringan telekomunikasi di mana dua node jaringan membentuk suatu saluran komunikasi khusus (sirkuit) melalui jaringan sebelum node dapat berkomunikasi. Rangkaian menjamin bandwidth penuh dari saluran dan tetap terhubung selama sesi komunikasi. Fungsi sirkuit seolah-olah node secara fisik terhubung sebagai dengan sebuah rangkaian listrik. 
  • Packet switching adalah jaringan metode komunikasi digital yang kelompok semua data yang ditransmisikan – terlepas dari konten, tipe struktur, atau – menjadi blok-blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket. Packet switching fitur pengiriman variabel-bit-rate data stream (urutan paket) melalui jaringan bersama. Ketika melintasi adapter jaringan, switch, router dan node jaringan lainnya, paket buffer dan antri, mengakibatkan penundaan variabel dan throughput tergantung pada beban lalu lintas dalam jaringan.

12.  Apa bedanya bluetooth dengan wifi ?
( Wahyudin)
Jawaban          :
Jangkauan
Wi-fi telah menjadi favorit untuk membuat LAN (Local Area Network) di rumah-rumah dan kantor. Hal ini sangat jelas bahwa proses di rumah menjadi mudah, jika anda tidak perlu mengintegrasikan kabel LAN di sistem anda untuk membentuk jaringan, untuk berbagi koneksi internet. Di kantor, penggunaan LAN nirkabel menyebabkan pengurangan biaya instalasi LAN. Kisaran wi-fi adalah cukup tinggi, sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Bluetooth, di sisi lain memiliki jarak hanya sekitar 30 kaki atau sekitar 10 meter.
Standar
Seperti telah disebutkan, bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Baru-baru ini instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth.

Sambungan dan Instalasi
Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana dan dengan demikian mereka tidak perlu dikonfigurasi. Anda bisa langsung memilih perangkat diaktifkan bluetooth lain, untuk yang Anda inginkan untuk mentransfer data. Jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi anda, maka semua yang harus Anda lakukan adalah dengan hanya membeli adaptor bluetooth. Bluetooth dongle yang datang bersama dengan setup CD dan Anda dapat menginstal setup, untuk mendapatkan bluetooth anda diaktifkan. Namun, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi,  mengaktifkan jaringan perlu menginstal router dan modem.

Jenis Jaringan
Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi, di mana Anda tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN). Bluetooth memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network).

Data Transfer
Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah bahwa, kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Menggunakan Bluetooth, Anda dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 kbps, dimana, wi-fi adalah data yang rentan terhadap kerugian dan karenanya memiliki kecepatan lebih rendah. Jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dari apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband.

Aplikasi Wi-Fi dan Bluetooth
Karena semua perbedaan yang disebutkan di atas, terdapat perbedaan antara wi-fi dan bluetooth, di bagian aplikasi mereka juga. Bluetooth digunakan untuk data dan file transfer, dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Anda dapat mengakses mengaktifkan bluetooth printer dari komputer Anda. Menggunakan wi-fi, Anda tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi Anda dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa mesin lain dalam jaringan juga. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam LAN nirkabel. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin. Namun, Anda dapat menghubungkan komputer melalui bluetooth ke internet, jika Anda dapat mengakses internet dengan GPRS dengan mengaktifkan bluetooth telepon seluler.

13.  Apa manfaat bluetooth selain untuk membagi data ?
( Lifia Amanda)
Jawaban          :
  • Wireless, Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, ada banyak manfaat dan keuntungan untuk menggunakan perangkat nirkabel. Seiring dengan peningkatan keselamatan sebagai hasil dari menghilangkan kabel anda tidak perlu, nirkabel juga menawarkan banyak keuntungan lain. Ketika bepergian dengan laptop atau perangkat nirkabel lainnya, Anda tidak lagi perlu khawatir tentang membawa kabel sambungan. 
  • Bluetooth sebenarnya murah Teknologi Bluetooth murah bagi perusahaan untuk melaksanakan, yang menyebabkan biaya lebih rendah bagi perusahaan. Tabungan ini kemudian berlalu dari perusahaan pada kepada Anda. 
  • Bluetooth otomatis tidak memiliki mengatur koneksi atau tekan tombol apapun. Ketika dua atau lebih perangkat masukkan jarak hingga 30 meter satu sama lain, mereka akan secara otomatis mulai berkomunikasi tanpa Anda harus melakukan sesuatu. 
  • Standar protokol nirkabel Bluetooth adalah standar, yang berarti bahwa tingkat tinggi kompatibilitas antara perangkat dijamin. Bluetooth akan menghubungkan perangkat satu sama lain, bahkan jika mereka tidak model yang sama.
  • Rendah gangguan perangkat Bluetooth hampir selalu menghindari gangguan dari perangkat nirkabel lainnya. Bluetooth menggunakan teknik yang dikenal sebagai frekuensi hopping, dan juga daya rendah sinyal nirkabel. 
  • Rendah konsumsi energi Sebagai hasil dari Bluetooth menggunakan sinyal daya rendah, teknologi ini membutuhkan energi yang sangat kecil dan akan menggunakan baterai kurang atau tenaga listrik sebagai hasilnya. Ini adalah keuntungan yang sangat baik untuk perangkat selular, dan Bluetooth tidak akan menguras baterai.
  • Berbagi suara dan data standar untuk Bluetooth akan memungkinkan perangkat yang kompatibel untuk berbagi data dan komunikasi suara. Ini bagus untuk ponsel dan headset, sebagai Bluetooth menyederhanakan mengemudi dan berbicara di ponsel Anda. 
  • Instan PAN (Personal Area Network) Anda dapat menghubungkan hingga tujuh perangkat Bluetooth satu sama lain dalam jarak hingga 30 meter, membentuk piconet atau PAN. Untuk kamar single, Anda juga dapat mengatur beberapa piconet.  Upgradeable Upgradeable adalah standar untuk Bluetooth. Ada versi yang lebih baru dari Bluetooth dalam karya, yang menawarkan keuntungan baru dan kompatibel dengan versi lama. 
  • Teknologi ini tetap teknologi Bluetooth adalah seluruh dunia, standar nirkabel universal. Dengan itu menjadi sepopuler, Anda bisa mengandalkan itu berada di sekitar selama bertahun-tahun yang akan datang. Sebagai perangkat semakin banyak mulai menggunakan teknologi Bluetooth, akan lebih banyak produsen bersemangat untuk membuat produk mereka kompatibel. Reaksi berantai akan terjadi, membuat Bluetooth standar untuk memotong tepi nirkabel.

14.  Jelaskan tentang sitem tdd (time division duplex) ?
( Muhammad Harun A.)
Jawaban          :
Time Division Duplex (TDD)

 
Dalam suatu komunikasi radio dimungkinkan penggunaan secara bersama suatu channel berdasarkan pembagian yang dilakukan pada domain waktu. Atas dasar pemikiran inilah yang membuat TDD dapat digunakan sebagai metode full duplex dalam menyelenggarakan suatu komunikasi dua arah yang bersifat simultan.
 Masing-masing pengguna mempunyai dua channel yaitu forward dan reverse yang terbentuk dari alokasi slot-slot waktu, sehingga TDD mengijinkan dua channel tersebut terletak pada band frekuensi yang sama. Suatu slot waktu akan dipisahkan untuk digunakan sebagai channel forward dan channel reverse . Sehingga dengan demikian dua keperluan yang berbeda yaitu transmisi dan penerimaan sinyal dapat ditangani oleh dua channel. Sebenarnya TDD bukan merupakan full duplex secara penuh, lebih tepat jika dikatakan bahwa TDD merupakan semi full duplex. Hal ini dikarenakan bahwa TDD tidak dapat melayani komunikasi yang simultan pada saat waktu yang bersamaan. 
Syarat agar metode duplex TDD dapat digunakan dalam suatu sistem komunikasi adalah bahwa laju data transmisi pada suatu channel harus lebih besar dari laju data dari pengguna. Sesuai dengan standar IMT-2000, maka UMTS menggunakan metode duplex baik FDD maupun TDD. Metode duplex FDD dan TDD masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan tersendiri apabila diaplikasikan dalam suatu area. UMTS akan mengambil keunggulan dari masing-masing metode duplex tersebut untuk diterapkan pada area pelayanannya yang sesuai sehingga dengan demikian efisiensi akan didapatkan. 
Untuk memberikan pelayanan terhadap suatu area secara maksimal dan efisien maka area pelayanan dari UMTS terbagi atas sel-sel kecil dan sel-sel besar. Dimulai dari pikosel, mikrosel, makrosel hingga sel yang bersifat global yang pelayanannya menggunakan satelit. Penggunaan dua metode duplex tersebut didasarkan atas pembagian ruang lingkup pelayanan dari UMTS.

15.  Bagaimana perbedaan bluetooth dengan infrared ?
( Khanif Kurniawan)
Jawaban          :
Wireless Standar
Infrared telah terbukti memiliki standar (50 juta unit), sedangkan Bluetooth masih dalam tahap pengembangan.
Transfer Data
Infrared mampu melakukan transfer data hingga 4Mbps, 16Mbps (dalam pengembangan), sedangkan Bluetooth maksimal 1Mbps dengan kemampuan rata-rata sekitar 721Kbps.
Range
Infrared memiliki rentang jarak sekitar 3 meter, sedangkan Bluetooth sekitar 30 kaki atau lebih.
Line of Sight
Dalam keadaan jaringan yang penuh sesak, disarankan menggunakan Infrared,sedangkan sedangkan untuk teknologi yang memerlukan tembus dinding disarankan menggunakan Bluetooth.
Biaya Implementasi
Saat ini, Infrared hanya memerlukan biaya implementasi sekitar $2, sedangkan Bluetooth untuk implementasi awal saja sudah membutuhkan biaya sebesar $20.
Secara sekilas kita bisa mengetahui bahwa Bluetooth memang lebih unggul dari teknologi Infrared, tetapi ada beberapa hal yang patut diperhatikan dari teknologi Bluetooth ini seperti yang tertera di bawah ini :
Teknologi Bluetooth akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima maupun pengirim data yang dimaksud apabila berada dalam suatu ruangan yang terlalu banyak penggunaan koneksi Bluetooth. Sedangkan teknologi Infrared hanya akan mendeteksi identitas si pengirim data karena proses transfernya juga mendekatkan perangkat yang satu dengan perangkat yang satunya lagi.
Mekanisme keamanan Bluetooth sepertinya perlu diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan data yang dimaksud.
Di Indonesia, banyak kasus peredaran virus yang berasal dari Bluetooth ponsel sehingga Anda harus lebih bijak dalam menggunakannya, berbeda dengan Infrared di mana Infrared tidak rentan terkena virus. [MG]
Teknologi transmisi
Infra red menggunakan getaran sinar infra merah untuk mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Getaran ini tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi dapat dideteksi oleh sensor pada perangkat penerima. Sementara Bluetooth menggunakan gelombang radio pada frekuensi tertentu (2,4 gigahertz) untuk mentransmisi data dari perangkat ke perangkat. Baik Bluetooth atau Infra red mengkonsumsi daya jauh lebih sedikit daripada teknologi wireless lainnya.
Rentang Jarak
Jarak yang efektif untuk Infra red yang sangat pendek, biasanya tidak lebih dari lima meter, dan bahkan sering lebih dekat sekitar satu meter. Bluetooth memiliki jangkauan maksimum 10 meter, yang, meskipun dua kali lipat dari Infra red, ia masih jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan frekuensi radio teknologi wireless yang lain. Intinya kedua teknologi ini hanya berguna untuk komunikasi antara perangkat dalam jarak relatif dekat satu sama lain.
Kecepatan Transmisi
Infra red mentransmisikan data di kisaran antara 115 kilobit per detik dan 16 megabit per detik (Mbps), namun ini tergantung pada perangkatnya. Bluetooth mentransmisikan data dengan kecepatan antara satu dan tiga megabit per detik. Meskipun kecepatan untuk perangkat Infra red jauh lebih besar daripada perangkat Bluetooth, kecepatan efektif yang paling umum untuk kedua teknologi ini adalah sekitar 3 Mbps.
Lokasi Perangkat
Karena menggunakan sinar untuk transmisi data, Infra red perlu untuk berhadapan langsung dengan si perangkat berkomunikasi. Perangkat penerima juga harus diposisikan dalam kerucut yang cakupannya relatif sempit dalam hubungannya ke perangkat transmisi. Bluetooth, karena menggunakan gelombang radio dan bukan dari sinar, maka ia tidak tunduk pada keterbatasan ini, sehingga perangkat komunikasi bisa ditempatkan di mana saja selama dalam jangkauan efektif.
Konektivitas
Infra red hanya dapat membuat koneksi ke satu perangkat saja. Sementara Bluetooth dapat membentuk jaringan setelah semua perangkat “mengidentifikasi” diri mereka satu sama lain.
Kegunaan
Karena garis pandangnya terbatas, Infra red paling efektif digunakan oleh perangkat yang tetap dekat satu sama lain dan relatif seimbang. Ia tidak bisa bila terbatasi oleh dinding. Salah satu penggunaan awal Infra red berada di remote kontrol untuk perangkat elektronik rumah. Aplikasi umum seperti wireless keyboard dan mouse juga menggunakan Infra red.
Sementara Bluetooth dapat berkomunikasi bahkan ketika mereka dipisahkan oleh rintangan.Bluetooth awalnya mendapatkan popularitas melalui penggunaannya dalam headset ponsel wireless. Hal ini masih umum digunakan pada perangkat mobile, dan kini ini menjadi lebih umum digunakan dalam komputer dan perangkat periferal.

16.  Apa yang dimaksud kontrol pengeluaran energi ?
(Muhammad Jahidin)
Jawaban          :
Yaitu saat bluetooth sedang mengirimkan data timbul pengoperasian yang beroprasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz.

17.  Bluetooth digunakan pertama kali untuk ?
( Timi Rohimi)
Jawaban          :
Awalnya Bluetooth digunakan sebagai alternatif pengganti salah satu konektor kabel. Namun, akhirnya teknologi Bluetooth lebih berkembang kerena kemampuannya untuk terkoneksi pada beberapa perangkat sekaligus.

18. Bluetooth dgunakan sebagai perantara modem, perantara seperti apa ? dan bagaimana caranya ?
( Hertiyanah)
Jawaban          :
Misalkan modem HP lewat Bluetooth karena selama hp tersebut memiliki Bluetooth dan gprs, maka cara ini masih bisa digunakan. Cara yang praktis dengan memakai software dari bluesoleil. Tahap – tahapnya dapat disederhanakan sebagai berikut:
Settingan hp:
  • Pastikan hp mempunyai fasilitas Bluetooth dan juga gprs (biasanya kalau sudah memiliki Bluetooth maka gprs juga sudah tersedia).
  • Pastikan settingan gprs sudah sesuai dengan jaringan operator. Cara pengecekannya dengan menggunakan wap atau dengan aplikasi untuk browsing/chatting.
  • Untuk nokia, settingan access point name (APN) harus diisi sesuai dengan jaringan operator. Hal ini mungkin berlaku juga untuk beberapa hp dari merek lain. Contoh APN: indosatgprs 
  • Settingan pc/laptop:
  • Bila pc/laptop anda belum memiliki Bluetooth card, pilih yang sesuai dengan kemampuan anda. Saya memakai Bluetooth yang harganya 45 ribu rupiah dan selama ini masih bisa digunakan dengan baik.
  • Intall Bluetooth driver, agar pc/laptop mendeteksi Bluetooth anda. 
  • Install software bluesoleil (biasanya akan satu paket dalam cd driver Bluetooth) 
  • Pastikan program tersebut mendeteksi bluetooth device anda (ikon Bluetooth berwarna biru jika beroperasi, dan 
  • Pastikan kedua bluetooth dalam keadaan aktif.
  • Dari pc, lakukan device search, cara termudah dengan klik gambar bulatan ditengah. Tunggu hingga hp terdeteksi.
  • Lakukan proses pairing pada hp yang telah dideteksi. Caranya dengan klik kanan pada ikon hp, pilih pair device. Saat itu akan muncul bar “passkey”, anda dapat mengisi sesukanya, namun untuk mempermudah isi dengan angka “1”, kemudian tekan tombol ok.
  • Pada hp yang ingin di pairing, akan meminta verifikasi passkey tersebut, isi dengan angka 1 dan tekan okay/yes. Sekarang kedua hp dan pc/laptop tersebut telah berjodoh ^.^
  • Klik dua kali pada ikon hp di monitor pc untuk mencari layanan/service yang tersedia dari hp anda. Untuk melakukan koneksi internet, yang diperlukan hanyalah ikon nomor 2 dari kiri yaitu Bluetooth dial-up networking service.
  • Klik ikon tersebut, maka akan muncul permintaan username, password dan dial up number untuk dipakai log in. isi sesuai dengan jenis operator anda, sedangkan untuk dial up biasanya *99#. 
  • Bila settingan anda telah benar, maka sekarang anda telah bisa mengakses internet

19.  Bagaimana perkembangan bluetooth saat ini ?
( Alfuad Sultan .P)
Jawaban          :
Sampai saat ini, bluetooth tidak hanya digunakan sebagai media pengiriman data. Beberapa perangkat seperti speaker, jam tangan,  tv, game console, PC, dan bahkan headset sudah menggunakan teknologi bluetooth. Sebagai kemajuan salah satu fitur utama untuk terkoneksi dengan perangkat smartphone. Biasanya bluetooth yang sering kita pakai adalah A2DP (Advandced Audio Distribution Profile). Kemampuan teknologi ini memungkinkan penyeluruh data audio High quality (Stereo atau Mono). Melalui koneksi bluetooth. A2DP ini didesain untuk menghantarkan uni-directional streaming audio dengan kualitas streaming audio dan kualitas stereo 2 channel dari sebuah MP3 ke sebuah Headset atau audio mobile.
Teknologi ini mendukung audio dengan forrmat MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, AAC dan ATRAC serta beberapa codec lainnya. Dan A2DP adalah yang paling sering dipakai pada smartphone pada saat ini.

20.  Apa yang dimaksud dengan mensinkronisasi basis data pada bluetooth ?
( Elita Pitriani)
Jawaban          :
Yaitu mengirimkan data dalam bentuk berkelompok (blok) dalam kecepatan yang tetap tanpa bit awal dan bit ahir. Awalan blok ( start block) dan akhiran blok (stop block) diidentifikasikan dalam bentuk bytes dengan susunan yang spesifik.

21.  Apa itu kanal data ansinkron ? dan kenapa bluetooth dapat mendukung kanal tersebut ?
 (Siti Yulianti)
Jawaban          :
Sebuah kanal yang didukung Bluetooth, karena Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampaidengan kecepatan 57,6 kb/s.Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s.
22.  Cara  menenskripsi data dibluetooth ?
( Ryan Setiagi)
Jawaban          :
Misalkan pada BlackBerrySebelum Anda mulai: Untuk melakukan tugas ini, perangkat berkemampuan Bluetooth® yang telah dipasangkan harus mendukung enkripsi data.
Pada layar Awal, klik area koneksi di bagian atas layar, atau klik ikon Kelola Koneksi.
  • Klik Koneksi Bluetooth.
  • Tekan tombol Gambar tombol Menu> Opsi.
  • Pilih kotak centang Enkripsi.
  • Tekan tombol Gambar tombol Menu> Simpan. 
23.  Bagaimana penamaan pada perangkat bluetooth ?
(Saepul Bahri)
Jawaban          :
Sepengetahuan saya sendiri kalau di HP Bluetooth terpasang dengan sendirinya atau mungkin sudah dipasang di pabrik yang membuat HP tersebut dan kalau di PC/Laptop kita harus menginstalnya dengan cara kita harus mempunyai software Bluetooth tersebut.

24.  Apa fungsi dari fitur enkripsi data pada bluetooth ?
(Eka .H)
Jawaban          :
Dapat menyimpan data dalam bentuk yang dapat dibaca hanya jika Anda memiliki kredensial yang tepat. Ini dapat memberikan perlindungan tambahan jika perangkat dicuri. Anda dapat mengenkripsi semua data di perangkat Nexus, sepeti data akun, data aplikasi, musik dan media lain, serta informasi yang diunduh.

25.  Apakah yang dimaksud dengan layanan komunikasi point to point dan komunikasi point to multi point. dan apa perbedaannya dalam sistem bluetooth ?
(Ririn Rinasih)
Jawaban          :
  • Layanan komunikasi poin to point berarti saling berhubungan satu peralatan dengan peralatan lain tanpa terbagi.
  • Komunikasi point to multi point, dimana suatu alat atau media dapat terhubung dengan beberapa alat lainnya.

26.  Bagaimana sistem keamanan bluetooth pada saat pengiriman data ?
(Tika Martiani)
Jawaban          :
  • Dengan Sistem keamanan yang lebih terkontrol
  • Pada saat pengirim hanya terfokus pada yang dituju atau 1 penerima
  • Pengiriman data yang tepat

27.  Kenapa bluetooth tidak memerlukan line of sight antara perangkat komunikasi ?
(Dita Veriani)
Jawaban          :
Karena Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter.

28.  Bagaimana cara enkripsi data pada fitur keamanan bluetooth ?
Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah kunci rahasia . Selama ini dua perangkat bluetooth menyiapkan kunci digital 128 bit. Ini adalah kunci rahasia yang kemudian disimpan dan dipakai dalam proses enkripsi pada komunikasi selanjutnya.