Pertanyaan dan Jawaban tentang CDMA

Posted by Siti Yulianti on 04.02 with No comments
Tanya Jawab
https://www.qualcomm.com/sites/ember/files/cdma-eco-2.png




1. Apa yang dimaksud BTS ? (Novi Sutimah)
Jawaban :
BTS ( Base Transceiver Station ) Merupakan alat/devices yang mengatur alur  komunikasi disuatu    luasan tertentu.
Komentar : Dari referensi yang saya baca, kebanyakan BTS mempunyai arti seperti diatas.Dan menurut sya juga BTS itu seperti alat/devices yang penting dalam CDMA.

2. Apa fungsi operator CDMA ? (Lifia Amanda)
Jawaban :
Operator CDMA berfungsi untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi
Komentar : Ya, memang fungsi operator CDMA seperti itu. Dan dari referensi yang saya baca juga kebanyakan itulah fungsi operator CDMA.

3. Apa yang dimaksud dengan spreading code ? (Ine Srihayati)
jawaban :
Spreading code merupakan proses perluasan media informasi dengan mengkode suatu sinyal informasi dengan sandi tertentu pada waktu dan frekuensi yang sama.
Komentar : Dari pengertian Spreading code tersebut ternyata itu juga sekaligus fungsi Spreading code dalam CDMA.Itu menurut analisis saya.

4. Apakah perbedaan CDMA dan GSM ?( Eka, Yuli , wahyu )
jawaban :
1) Kualitas suara    : CDMA lebih jernih, GSM -
2) Kualitas data     : CDMA Lebih cepat dan berkualitas; GSM Sering terjadi drop cell
3) Coverage          : CDMA Terbatas (sementara); GSM Lebih luas
4) Biaya per user   : CDMA Lebih murah; GSM -
5) Investasi         : CDMA per user    US$ 160/S SM-Telkom Flexi, US$ 200-US$ 300/S, SM-CDMA Wireless; GSM –
6) Security          : CDMA Tidak bisa disadap; GSM Mudah disadap
7) Roaming           : CDMA Masih terbatas; GSM Luas
8) Aksesori          : CDMA Handset terbatas dan tidak bisa berpindah-pindah; GSM Fleksibel dan banyak pilihan
9) Power output      : CDMA Maksimum 0,2 watt, aman untuk peralatan elektronik dan kesehatan; GSM –
Komentar : Walaupun CDMA dan GSM mempunyai perbedaan tetapi dua-duanya bermanfaat untuk para pengguna GSM dan CDMA .

5. Bagaimana konsep CDMA seluler ? ( Elita )
Jawaban :
Komunikasi CDMA merupakan salah satu komunikasi seluler. Komunikasi seluler maksudnya, kawasan yang dilayani dibagi menjadi wilayah kecil-kecil. Masing-masing wilayah kecil ini disebut sel, dan diliput oleh sebuah stasion basis (base station, BS). Stasion bergerak (mobile station, MS) dilayani oleh BS yang pada umumnya terdekat dengannya. Secara fisis, MS hanya berhubungan dengan BS, dan BS itulah yang meneruskannya ke elemen lain pada jaringan. Oleh karena itu, hubungan antara BS dengan elemen lain pada jaringan dapat melalui kabel atau gelombang  elektromagnetik, sedangkan hubungan antara MS dengan BS harus menggunakan gelombang elektromagnetik.
Komentar : Dapat diartikan bahwa CDMA seluler itu, kalau menurut pendapat saya CDMA yang ada pada telepon seluler yang mungkin banyak digunakan oleh orang-orang yang telepon selulernya support dengan CDMA.

6. Apa kekurangan dan kelebihan CDMA dibandingkan dengan GSM ? ( Dita veriani dan Aga Juliantiadi )
jawaban :
Kekurangan :
  • Coverage          : CDMA Terbatas (sementara); GSM Lebih luas
  • Roaming           : CDMA Masih terbatas; GSM Luas
  • Aksesori          : CDMA Handset terbatas dan tidak bisa berpindah-pindah; GSM Fleksibel dan banyak pilihan
Kelebihan :
  • Kualitas suara    : CDMA lebih jernih, GSM -
  • Kualitas data     : CDMA Lebih cepat dan berkualitas; GSM Sering terjadi drop cell
  • Biaya per user    : CDMA Lebih murah; GSM -
  • Power output      : CDMA Maksimum 0,2 watt, aman untuk peralatan elektronik dan kesehatan; GSM –
  • Security          : CDMA Tidak bisa disadap; GSM Mudah disadap
  • Investasi         : CDMA per user    US$ 160/S SM-Telkom Flexi, US$ 200-US$ 300/S, SM-CDMA Wireless; GSM –
Komentar : Dari perbedaan diatas ternyata kelebihan CDMA lebih banyak dari pada GSM.Walaupun GSM kalah unggul dari CDMA tetapi sampai saat ini yang saya ketahui GSM masih banyak digunakan oleh kebanyakan orang.

7. Bagaimana pekembangan CDMA di Indonesia ? (Syahrul Amin )
jawaban :
Di Indonesia, teknologi CDMA dimulai oleh Komselindo dengan memperkenalkan CDMA-One. Hanya saja pengembangannya kurang sukses, lalu PT Telkom memperkenalkan CDMA, tapi tidak lewat jalur"bisnis selular" langsung seperti FREN, melainkan menggunakan CDMA untuk fix phone dengan produk dagang bernama Telkomflexi. Saat ini TelkomFlexi, PT. Telkom menawarkan teknologi yang lebih baik dari teknologi GSM sebelumnya dan dengan harga yang lebih murah. Tarif yang ditawarkan oleh teknologi ini lebih murah karena Telkomflexi berbasis pada teknologi Wirelless Local-Code Division Multiple Access (WLL-CDMA) tidak saja karena fleksibilitas sebuah fix phone, tapi yang paling
utama adalah struktur tarif yang katanya jauh lebih murah karena tidak dibebani biaya air time nya.
Komentar : Ternyata CDMA sudah lumayan lama digunakan Indonesia. Dan jawaban ini memang benar karena ini terdapat di WIKIPEDIA situs yang mungkin sudah dipercaya oleh kebanyakan orang.

8. Jelaskan prinsip dasar spread spectrum ? ( Sepriana )
Jawaban :
Spread spectrum adalah teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensi yang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisi standard (misal; TDMA,FDMA). Sebagai contoh adalah CDMA IS-95 menggunakan lebar pita frekuensi 1.25 MHz, sedangkan AMPS hanya 30 kHz untuk menyalurkan sinyal suara. Proses pelebaran pita frekuensi ini disebut dengan spreading. Terdapat 2 teknik utama dalam spread spectrum yaitu frequency hopping dan DS-CDMA (yang lebih dikenal sebagai CDMA saja)
Komentar : Dan juga frequency hoping diperoleh dengan merubah-rubah frekuensi pembawa berdasarkan waktu dengan pola yang mendekati acak, pseudorandom.

9. Bagaimana prinsip kerja dari jaringan CDMA ? ( M. Jahidin )
Jawaban :
Suatu area memuat banyak sekali sel. Setiap area dikelola oleh sebuah pusat penyambungan bergerak (mobile switching centre, MSC). Sebenarnya, beberapa sel secara teknis dikendalikan oleh pengendali stasion basis (base station controller, BSC) yang tak ditampakkan pada gambar ilustrasi, barulah MSC mengelola BSC-BSC itu.
Perpindahan MS ke sel lain dalam satu area MSC disebut alih-tangan (handover), dan perpindahan antar area disebut jelajah (roaming). Hubungan MS ke area lain atau jaringan lain (misalnya: PSTN, internet) dilakukan melalui MSC. Pada CDMA, pengalihan tangan (handover) disebut metode soft handoff. Dikatakan demikian karena CDMA bekerja di frekuensi yang sama maka perpindahan base station a ke b ini akan berjalan halus (soft). Proses terjadinya perpindahan base station pada CDMA ialah sewaktu mobile station berpindah, maka mobile station akan mencari base station terdekat. Sedangkan base station awal tidak akan melepaskan sinyal sampai base station tujuan dapat memberikan sinyal secara baik. Sehingga kemungkinan terjadi lose connection atau bad signal akan dapat diminimalisasi. 
Dalam CDMA setiap pengguna menggunakan frekuensi yang sama dalam waktu bersamaan tetapi menggunakan sandi unik yang saling ortogonal. Sandi-sandi ini membedakan antara pengguna satu dengan pengguna yang lain. Pada jumlah pengguna yang besar, dalam bidang frekuensi yang diberikan akan ada banyak sinyal dari pengguna sehingga interferens akan meningkat. Kondisi ini akan menurunkan unjuk-kerja sistem. Ini berarti kapasitas dan kualitas sistem dibatasi oleh daya interferens yang timbul pada lebar bidang frekuensi yang digunakan. CDMA merupakan akses jamak yang menggunakan prinsip komunikasi spectrum tersebar. Isyarat bidang dasar yang hendak dikirim disebar dengan menggunakan isyarat dengan lebar bidang yang besar yang disebut sebagai isyarat penyebar (spread spectrum).
Komentar : Ternyata hampir semua cara kerja CDMA sama seperti diatas, menurut referensi yang saya baca.

10. Mengapa ponsel CDMA lebih cepat panas dari pada ponsel GSM ? ( Tatang Suhamdeni )
Jawaban :
Karena proses pada CDMA lebih banyak dibandingkan GSM. Proses yang tidak ada pada GSM adalah proses mengurai sandi dan menyandikan setiap percakapan dan meruba-rubah frekuensi karena CDMA berbasis spread spectrum (Spektrum Tersebar). Sehingga handset CDMA butuh lebih banyak tenaga dalam operasinya karena tidak hanya memancar dan menerima percakapan namun juga menyandikan dan mengurai sandi setiap percakapan. Jadi biar tidak kepanasan waktu nelpon, solusinya adalah kita bisa memakai headset.
Komentar : Dan CDMA berbasis spread spectrum ini mungkin mempunyai teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensi yang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisi standard.

11. Sebutkan dan jelaskan apa sajakah komponen fisik dari sistem CDMA ? ( Ririn Rinasih dan  Tika Martiyani )
jawaban :
Komponen fisik dari sistem CDMA adalah:
  • User cdma mobile device.
  • Dapat berupa mobile phone, nonmobile phone,  computer, dan dll.
  • BTS (  Base Transceiver Station ).
  • Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu.
  • Operator CDMA.Bertugas untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi
  • Satelit Dash.Fungsi sebagai penghubung antara pengiriman sinyal dari bumi ke satelit untuk suatu luasan yang sangat besar
  • Satelit.Fungsi sebagai penghubung antara daerah-daerah yang jauh yang tak terjangkau oleh BTS dan stasiun-stasiun pemancar bumi.
Komentar : Dari komponen fisik CDMA tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang sangat penting dalam proses kerja CDMA.
12. Negara mana pegguna CDMA terbanyak? ( Yayat S. )
Jawaban :
Indonesia dinilai sebagai negara yang paling tinggi tingkat pertumbuhan pengguna teleponnya untuk basis teknologi Code Division Multiple Access (CDMA).
CDMA Development Group (CDG) merilis data jumlah pengguna telepon CDMA di Indonesia hingga akhir kuartal pertama 2008 ini mencapai 16,3 juta pelanggan.
"Dengan 16,3 juta pengguna menjadikan Indonesia sebagai negara yang paling besar pertumbuhan pelanggan CDMA-nya di Asia Tenggara," kata Chief Operating Officer CDG, Jamer Person dalam jumpa pers di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (24/6/2008).
Jumlah pelanggan CDMA di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat tiap tahunnya. Tercatat, pada akhir 2006 pengguna CDMA di Indonesia baru 7,8 juta. Angka itu melonjak dua kali lipat pada akhir 2007 menjadi 14,4 juta.
Komentar : Ya, jawaban tersebut benar dan dapat dipercaya karena itu menururut situs detik.com mungkin sebuah situs pemberitaan yang tidak asing lagi di Indonesia ataupun sering didengar oleh masyarakat Indonesia.

13. Mengapa jangkauan CDMA masih sangat terbatas ? jelaskan ( Agus Salam )
Jawaban :
Kalau menurut saya kemungkinan karena CDMA menggunakan frekuensi 1900 MHz maka cakupannya hanya sekitar 2km dengan 800 MHz bisa sampai 5-6 km .
Komentar : Jadi menurut pendapat saya bisa jadi itu penyababnya
jangkauan CDMA masih sangat terbatas

14. Apa perbedaan CDMA dan GSM dari segi cara kerja penggunaannya ? (Maulana Harun Ar-Rosyid)
Jawaban :
GSM atau Global System for Mobile Communications merupakan teknologi digital yang bekerja dengan mengirimkan paket data berdasarkan waktu, atau yang lebih dikenal dengan istilah timeslot. GSM sendiri merupakan turunan dari teknologi Time Division Multiple Access (TDMA). Teknologi TDMA ini mengirimkan data berdasarkan satuan yang terbagi atas waktu, artinya sebuah paket data GSM akan dibagi menjadi beberapa time slot.
Berbeda dengan teknologi GSM, teknologi CDMA tidak menggunakan satuan waktu, melainkan menggunakan sistem kode (coding). Prinsip ini sesuai dengan singkatan CDMA itu sendiri, yaitu Code Division Multiple Access. Jadi, sistem CDMA menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur setiap panggilan yang berlangsung. Kode yang unik ini juga akan mengeliminir kemungkinan terjadinya komunikasi silang atau bocor.
Komentar : Ya saya setuju dengan jawaban tersebut, karena jika kita baca lagi lebih teliti dan dapat diambil kesimpulannya sudah sangat terlihat perbedaan cara kerja GSM (mengirimkan paket data berdasarkan waktu) dan CDMA (tidak menggunakan satuan waktu, melainkan menggunakan sistem kode (coding)) .

15. Perbedaan Sinyal GSM dan CDMA ? ( Timi )
Jawaban :
GSM : Memiliki sinyal yang lebih baik karena telah memiliki jaringan yang luas
CDMA : Jaringan CDMA terbatas atau kurang luas di Indonesia
Komentar : Ya, jawaban tersebut benar,  karena CDMA hanya pada beberapa daerah saja yang support CDMA ini. Dan jika di daerah-daerah terpencil sinyal CDMA jarang ada, bahkan tidak ada sama sekali.

16. Apa itu pseudo random noise ? ( Ryan Setiagi )
Jawaban :
Pseudo Random Noise (PN Code) yang merupakan deretan data berkecepatan tinggi yang berharga polar (-1 & +1) atau non polar (0 & 1).
Komentar : Dan juga CDMA diperoleh dengan memodulasi sinyal informasi dengan spreading sequence yang dikenal sebagai pseudonoise (PN) sinyal digital yang menjadikan sinyal informasi berpita lebar dan berbentuk seperti derau (noise).

17. Jelaskan prinsip dasar spectrum yang digunakan pada CDMA ? ( Al-Fuad Sulthan P. )
Jawaban :
Spread spectrum adalah teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensiyang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisistandard (misal; TDMA,FDMA). Sebagai contoh adalah CDMA IS-95 menggunakanlebar pita frekuensi 1.25 MHz, sedangkan AMPS hanya 30 kHz untuk menyalurkansinyal suara. Proses pelebaran pita frekuensi ini disebut dengan spreading.Terdapat 2 teknik utama dalam spread spectrum yaitu frequencyhopping dan DS-CDMA (yang lebih dikenal sebagai CDMA saja.
Frequency hoping diperoleh dengan merubah-rubah frekuensi pembawaberdasarkan waktu dengan pola yang mendekati acak, pseudo random.Sedangkan CDMA diperoleh dengan memodulasi sinyal informasi dengan spreadingsequence yang dikenal sebagai pseudo noise (PN) sinyal digitalyang menjadikan sinyal informasi berpita lebar dan berbentuk seperti derau (noise).
Komentar : Berarti spread spectrum itu sangat bermanfaat untuk proses kerja dalam CDMA.

18. Kenapa CDMA menggunakan sinyal analog ? ( Ade S. )
Jawaban :
Kalau menurut saya mungkin saja karena sinyal analog dapat mengubah sinyal digital dalam modem CDMA, dan dari referensi yang saya baca juga seperti itu.

19. Apa perbedaan frekuensi yang digunakan antara CDMA dan GSM ? ( Ahmad Johan )
Jawaban :
Frekuensi pada CDMA adalah 1.25 MHz (spread spectrum). sedangkan pada GSM adalah Indosat:(10 Mhz), Telkomsel: 900 – 907,5 Mhz (7,5 Mhz), Excelcomindo: 907,5 – 915 Mhz (7,5 Mhz)
Komentar : dari frekuensi diatas, frekuensi CDMA lebih sedikit dari GSM. Tetapi walaupun seperti itu, CDMA banyak digunakan di Indonesia.

20. Bagaimana cara kerja CDMA ? ( Aji Pahmi R dan MNQ.Tamam )
Jawaban :
Cara kerja CDMA ini dapat dianalogikan dengan cara berkomunikasi dalam satu ruangan yang besar. Setiap pasangan dapat berkomunikasi secara bersama-sama tetapi dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembicaraan pasangan satu bisa dianggap seperti suara kipas bagi pengguna yang lain, karena tidak diketahui maknanya. Pada saat banyak yang berkomunikasi maka ruangan menjadi bising. Kondisi ini membuat ruangan menjadi tidak kondusif lagi untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, jumlah yang berkomunikasi harus dibatasi. Agar jumlah yang berkomunikasi bisa maksimal maka kuat suara tiap pembicara tidak boleh terlalu keras.
Komentar : Dan ternyata CDMA itu tidak bisa digunakan diruang yang tertutup misalkan di kamar, karena jangkauan jaringannya yang tidak luas ataupun terbatas.

21. Kapan CDMA digunakan pertama kali di Indonesia ? ( Agung S. )
Jawaban :
Pada 2000-2002: Deregulasi dan kemunculan operator CDMA dan pada Desember 2002, Flexi hadir sebagai operator CDMA pertama di Indonesia, di bawah pengawasan PT Telkom Indonesia, menggunakan frekuensi 1.900 MHz dengan lisensi FWA (Fixed Wireless Access). Artinya, sistem penomoran untuk tiap pelanggan menggunakan kode area menurut kota asalnya, seperti yang dipergunakan oleh telepon berbasis sambungan tetap dengan kabel milik Telkom.
Komentar : Menurut saya jawaban ini dapat dipercaya karena ni ada di WIKIPEDIA, situs yang banyak digunakan pengunjung Web untuk mencari informasi.

22. Apa pengertian CDMA ? ( Jeli Nios )
Jawaban :
CDMA (Code division multiple access) adalah sebuah bentuk pe-multipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.
Komentar : Dari referensi lain juga pengertian CDMA seperti itu, tidak ada yang berbeda. Intinya CDMA itu saat pengiriman datanya dengan coding (Code)

23. Kapan dibuatnya CDMA dan siapa pembuatnya ? ( M. Nandang )
Jawaban :
Teknologi CDMA pada awalnya dipergunakan dalam komunikasi radio militer Amerika Serikat (AS), mulai tahun 1990 patennya diberikan kepada Qualcomm, Inc. dan dijadikan sebagai standar seluler digital di AS sejak tahun 1993 dan digunakan pertama kali pada Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha Jerman mengganggu transmisi mereka.
Komentar : Dari semua referensi ataupun situs informasi yang saya baca sama jawabannya seperti itu.

24. Apa Kepanjangan dari CDMA? (Ryan Hidayat)
Jawaban :
CDMA (Code division multiple access)
Komentar : Ya, pasti ini jawaban yang sangat benar. Karena dimana-mana juga singkatan CDMA itu Code division multiple access, dan pengiriman data CDMA juga menggunakan coding (kode)

25. Apa kelebihan CDMA ? ( Aga Julantiadi )
Jawaban :
  1. Memeneuhi kebutuhan komunikasi data dan suara tanpa kabel.
  2. Memiliki kapasitas kanal yang lebih tinggi untuk mengatasi lebih banyak panggilan yang simultan per channel dibanding sistem lainnya.
  3. Sistem CDMA menawarkan peningkatan kapasitas melebihi sistem AMPS analog sebaik teknologi selular digital lainnya. CDMA menghasilkan sebuah skema spread-spectrum yang secara acak menyediakan bandwith 1.250 KHz yang tersedia untuk masing-masing pemanggil 9600 bps bit rate.
  4. Meningkatkan call security. Keamanan menjadi sifat dari pendekatan spread spectrum CDMA, dan kenyataannya teknologi ini pertama dibangun untuk menyediakan komunikasi yang aman bagi militer.
  5. Mereduksi derau dan interferensi lainnya. CDMA menaikkan rasio signal-to-noise, karena lebarnya bandwith yang tersedia untuk pesan.
  6. Efisiensi daya dengan cara memperpanjang daya hidup baterai telepon. Salah satu karakteristik CDMA adalah kontrol power sebuah usaha untuk memperbesar kapasitas panggilan dengan memepertahankan kekonstanan level daya yang diterima dari pemanggil bergerak pada base station.
  7. Fasilitas kordinasi seluruh frekuensi melalui base-station base station. Sistem CDMA menyediakan soft hand-off dari satu base-station ke lainnya sebagai sebuah roaming telepon bergerak dari sel ke sel. Ini bisa dimungkinkan karena sel CDMA yang berdekatan menghasilkan frekuensi carrier yang sama, menjadikan dua base-station secara simultan melayani roaming telepon bergerak pada sel titik transisi. Soft hand off ini kenyataanya tidak terdeteksi oleh pengguna.
Komentar : Kelebihan CDMA sebenarnya lebih dari 7 karena setelah saya baca-baca di situs web yang lain a kelebihan CDMA itu ada yang sampai 15. Tetapi dari ke 15 itu salah satunya ada dari 7 kelebihan CDMA tersebut.